Beranda > Vespa > Memasang Sendiri Accu di Vespa Lama

Memasang Sendiri Accu di Vespa Lama

Vespa keluaran baru, generasi PX keatas, rata-rata telah disertai Accu. Dengan Accu yang telah terpasang memungkinkan Vespa generasi belakangan, untuk lampu sein – klakson tidak lagi memakai listrik dari mesin. Karenanya listrik yang dikeluarkan mesin menjadi stabil hanya untuk Coil/Busi dan lampu belakang dan lampu depan.

Sejalan dengan perkembangan fungsi kendaraan vespa, yang tidak hanya untuk keperluan hari-hari, maka tuntutan vespa generasi lama mempergunakan Accu sebagai penyimpan listrik juga banyak dikenakan. Pertanyaannya (1). Apakah Vespa keluaran lama juga bisa dipasang Accu ? Jawabannya tentu saja pasti bisa. (2), Bagaimana cara memasangnya, (3). Seberapa besar pemanfaatan Accu tersebut untuk mendukung kenyamanan berkendara dengan Vespa.

Hal yang perlu disediakan sebelum memasang Accu

  1. Accu 12 Volt 10 Ampere (standard PX Ekslusive /  Excel)  merk apa saja, bisa GS, King, Yuasa, NS dll. yang beredar di pasar umumnya merk Yuasa dan GS.
  2. Regulator empat (4) kaki. Merk regulator ini banyak di pasaran, yang standar vespa merk Ducati. Jika tidak mendapati merk itu bisa juga merk lain.  Kisaran harga yang beredar di pasaran antara 25.000  s/d 125.000.  Saran yang hendakmembeli, jangan mempergunakan yang berharga di bawah Rp 50.000 (tahun 2006/2007) sebab biasanya kualitasnya rendah.
  3. Dudukkan Accu + karet pengikatnya
  4. Dudukan Saklar accu (sudah siap pakai, tinggal beli di toko)
  5. Jika diperlukan Elco 4000 micro farad. Elco yang bagus buatan Meksiko.

Setelah Accu dan regulator tersedia bagaimana memasangkannya (menginstalasi) di Vespa kita.

  1. Sebelum memasang  Regulator ada hal yang perlu diperhatikan tentang mengenal listrik yang dihasilkan dari dapur mesin (Spul).  Listrik yang dihasilkan Spul antara vespa generasi satu dengan yang lain umumnya sama, biasanya ada 3-4 kabel, yakni  untuk Lampu depan (warna kuning), Coil/Busi (warna hijau), body/massa (warna hitam)  dan satu lagi (merah muda/biru)  untuk lampu belakang. Untuk generasi sprint ke bawah untuk lampu depan dan belakang digabung jadi satu.
  2. Ketika mau memasang Regulator, jangan lupa mengangkat tangki. ini diperlukan agar kita mengenali alur listriknya. Selain itu akan sedikit merubah kabel per-listrikan yang ada di bawah tangki dan akan mengebor untuk tempat dudukan accu.

Setelah mengenali listrik dan warna-warna  kabelnya, selanjutnya kita memasang accu dan regulator, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka boks bodi samping kiri 
  2. Angkat tangki bensin.
  3. Setelah bok kiri dicopot, Bor untuk dudukan accu. Pasang dudukan tersebut sesuai selera kita, artinya mau sebelah kanan atau kiri kunci boks. Jangan terlalu tengah pas kunci boks.
  4. Bor juga untuk dudukan regulator. Usahakan berdampingan dengan accu. Jika accu sebelah kanan, maka regulator sebelah kiri, atau sebaliknya
  5. Pasang Accu di dudukannya. posisi – accu tempelkan ke bodi vespa. kabel saklar accu pasang di + nya accu dan sambungkan ke regulator.
  6. Pasang Regulator di yang ada kaki/socketnya  menghadap ke bawah.
  7. Potong kabel bodi warna kuning dari dari arah spul (dibawah tangki ada sambungan) dan sambungkan ke kaki regulator posisi ke-2 dari kiri. Dan sambungkan setrum dari kaki ke-1 regulator ke kabel bodi sambungan yg tadi dipotong ( ke lampu depan)
  8. Sambungkan kabel + accu yang telah memakai saklar ke kaki ke-3 regulator
  9. Sambungkan kabel dari kaki ke-4 regulator (ujung paling kanan) ke body/massa

Kini accu dan Regulator telah terpasang dan siap dipakai. Jangan lupa jaringan listrik accu jangan digabung sama jaringan setrum mesin. Mesti terpisah.

Jika kita ingin mengoptimalkan accu, misalnya untuk keperluan tape, TV, lampu hias depan, klakson mobil, dll.  maka pakailah accu yang ampere-nya lebih besar. misal yang 20 atau 26 ampere (accu jetski)

Jika pengisian ingin lebih optimal, pakailah Elco yang mempunyai kapasitas minimal 400 mf 2 buah. Cara pasangnya paralel-kan + dan – Elco. yang – sambungkan ke body/massa dan yang + sambungkan ke + accu ( gabung dengan yang keluar dari regulator

Selamat Mencoba

Nanasemper VIO 063

About these ads
Kategori:Vespa
  1. odhing
    27/11/2007 pukul 12:57 AM

    makasih yach… artikelnya sangat bagus cuman mungkin akan lebih baik dan sangat membantu klo ada gambarnya

  2. 27/11/2007 pukul 8:47 AM

    Hebaatt..hebaatt udah bisa terima orderan tuh Kang Nana, bisa berguna buat skuteris yg lain, jgn sampe mubazir ilmunya sayang kalo cuma buat sendiri mah.
    Coba dong Iklan di Website VIO atau di Milist nya siapa tau banyak yg minat..sok lah..direalisasikan.

  3. willy
    18/12/2008 pukul 12:59 AM

    hatur nuhun infona, kang aku mau tanya klo bikin sendiri regulator bahannya apa aja?terima kasih

    • nanasemper
      18/12/2008 pukul 1:33 PM

      prinsipnya bisa. bahkan Regulator made in sendiri, hasilnya akan jauh lebih bagus
      yg penting si pembuat ngerti dulu mekanisme kerja (unjuk kerja) tujuan regulator.
      syarat kedua si pembuat ngerti alat2 elektronik.

      Kelemahan Regulator buatan sendiri adalah rentan terhadap air, entah netes atau rembes
      sehingga regulator suka korsleting

      salam mencoba
      coba diskusikan dulu dengan yang mengerti elektronik
      inti dalam regulator itu cuma Tahanan (R) dan Elco.

  4. willy
    23/12/2008 pukul 4:46 AM

    kang,vespa saya super thn 78, magnet & pengapian sudah sy ganti pake vespa PS/PX, regulator merk MPM 4 kaki,yang ingin sy tanyakan bagaimana instalasinya apakah ada yang harus sy ganti?akan sngt mmbantu bila ada skemanya. terima kasih. willy, Cianjur.

  5. willy
    17/02/2009 pukul 5:47 AM

    kang kumaha damang?mau nanya regulator motor apa aja yang bisa di pakai buat ganti regulator vespa?hatur nuhun, diantos

  6. gepeng
    14/01/2012 pukul 4:22 AM

    aku sudah mencoba. tapi posis mesin mati lampu mainan bkerja stabil. kl mesin bunyi kedipnya ikut ;putaran mesin. knapa mas bro? tlong saranya…

  7. abraham
    03/08/2013 pukul 9:34 PM

    mas sya mu tnya, klo accu bagian (-)nya dpsang di bgian mn??
    soalnya tulisan di atas tdk mnyebutkn hal trsbut.

    mhon blasannya..

    • nanasemper
      13/09/2013 pukul 1:25 AM

      maaf banget sdh lama baru lagi buka tulisan . . .
      yg bagian negatif ya ditempel ke body vespa
      itu kan standard
      Ok

    • nanasemper
      13/09/2013 pukul 1:30 AM

      yg – nya ke body mas

  8. jamal
    15/10/2014 pukul 6:19 AM

    Kang nanang Чªήğ d maksud saklar accu tu apa kang,? Saya kamren coba pasang accu d vesva saya, vesva saya super thun 1977, tpi Ъќ bisa kmren,.krna kmren saya Ъќ pke regulator, jadi harus pke saklar accu juga yach kang, makasih kang

    • nanasemper
      21/10/2014 pukul 5:14 PM

      pasang accu perlu sekalian dengan regulator Om
      justru setrum utk ngisi accu berasal dr regulator itu

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: