Beranda > Vespa > Bisakah Vespa hemat BBM

Bisakah Vespa hemat BBM

Setelah dinaikannya harga BBM oleh pemerintah, menjadi permasalahan tersendiri bagi para pengendara Scooter Vespa. Bukan rahasia lagi Vespa kesayangan kita yang rada boros BBM, mengingat cc semok rata-rata 150 cc. Kalau toh ada yang 50, 90 dan 125 cc, jumlah yang memilikinya sangatlah sedikit.

Pada kebanyakan scooteris umumnya rada keberatan memakai Vespa sebagai kendaraan hari-hari, meskipun untuk para penggemar lainya tidaklah menjadi kendala dalam mengatasinya. Ditengah sulitnya mempertahankan hoby ber-vespa ria, masih adakah cara untuk menyiasati tunggangan kita dalam mengkonsumsi Premium ?

Meski diam-diam dan tanpa penelitian akan dampaknya, ternyata di lapangan banyak scooteris yang sudah mengakali dengan mengutak-atik scooter supaya hemat BBM, tetapi unjuk kerja tenaga mesin tetap mumpuni.

Kalau scooteris mau mencoba, mungkin bisa dicoba

Prinsipnya adalah memperbaiki unjuk kerja karburator dan memperbaiki pengabutan BBM sebelum masuk ke ruang bakar Vespa (blok mesin). Tentu saja kualitas api tidak dibicarakan di forum kali ini.
Tahapan kerjanya adalah sbb :
1. Perbaiki packing di bawah karbu yang ke ruang pengisapan. Pada kebanyakan kasus,  packing yang ini suka bocor, atau ada sedikit udara yang masuk.
2. Bukalah tutup karbutaor
3. Bukalah spuyer bensin. Ketrik lubang bensin bawahnya pelan-pelan dg memakai obeng aja, sebab bahan kuningan ini sensitif patah. Buatlah menjadi rapat, lalu gerinda pelan dan hati-hati utk membuat lubang sebesar ujung jarum pentul. jadi lubang spuyer bensinnya di bikin kecil
4. Buka jarum langsam (jarum kecil) di karbu. Buat lubang bensin yang di bawahnya menjadi besar dengan cara dikorek. Ukurannya terserah pemakai, buat secukupnya.
5. Setelah semua spuyer dipasang, setel kembali setelan anginnya. sebab dengan ada perubahan ini, scooter kita menjadi tidak ada langsamnya

Setelah dirubah spuyernya tsb vespa kita akan irit bahan bakar, tetapi kinerja mesin tetap Ok. Hal ini terjadi disebabkan pengabutan BBM di buat sangat halus oleh karbu. Bahasa lainnya adalah BBM yg masuk ke ruang bakar, lebih banyak anginnya dari pada Bensin. Meski begitu, ga usah khawatir mesin akan panas

Resep keluarga punggawa Vespa warisan babe ini sudah sukses.
Jakarta – Bandung PP = Rp 25.000 sewaktu harga bensin Rp 4500. alias menghabiskan 5.45 liter aja.

sebuah dilema memang, sebab jika salah resep saja dalam pengaturan spuyer ini, alih-alih irit, yang terjadi malah seher semok kita akan menajdi jebol, sebab kepanasan

 

 

Kategori:Vespa
  1. miky
    14/03/2010 pukul 6:00 PM

    bang,ane bs bkin vespa super ane irit ga.? abang bs bntu.? vespa ane lmyan boros bang.

    ni no ane bang. 08567070193
    klo ga email k ane aja ya.

    thnkz..

  2. 07/06/2010 pukul 6:30 PM

    klo mw irit, sentrin semua jeroan mesin, ikutin kemauan mesin (jangan dipaksain) n jangan digentak, diayun aja. klo ngecilin spuyer kasian sehernya, kekurangan pasokan bensin n oli samping (cepet panas).

    • nanasemper
      09/06/2010 pukul 2:26 PM

      makasih kunjungan nya. maaf rumah tulisan ini sdh lama tak terawat
      salam vespa

  3. dwi
    29/04/2011 pukul 8:20 AM

    bang,vespa saya boros bgt ni.kira-kira dmn kerusakannya bang?
    soalnya saya gk bgitu ngrti vespa bang….
    tolong bantu y….

  4. mhy
    05/10/2012 pukul 6:27 AM

    bang , saya ame 17 th baru pegang vespa 2 bulan, vespa saya sering d ledek gara” klo bwa penumpang yenaganya jdi berkurang apalagi d jalanan tanjakan
    bang tolong d bantu
    08972243907
    fb ame incu’angel scooterist’falls

    • nanasemper
      31/01/2013 pukul 8:33 PM

      posisi dimana kang ?

  5. nur kholis majid
    15/04/2014 pukul 4:22 AM

    bang vespa saya setelah d ksh membran gas nya tidak stabil… gas nya bandang,,,… gimana cara mengatasinyaa biar bisa stabil dan langsam

  6. 16/05/2014 pukul 9:02 AM

    It’s really a great and helpful piece of information. I’m satisfied that you shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: