Beranda > Pernak Pernik > Membuat Kopi Enak 1

Membuat Kopi Enak 1

Ada banyak cara untuk membuat kopi enak, dan banyak hal jika ingin membuat sajian kopi enak untuk dinikmati.

Enaknya sebuah sajian kopi sedikit banyak ditentukan oleh (1) asal uasal kopi, jenis kopi dan pengolahan kopi dari sejak di pohonnya hingga menjadi sebuah minuman di dalam cangkir. (2) cara mengolah kopi setelah kopi itu diambil dari pohonnya, (3) bagaimana menyajikan kopi supaya enak, dengan tanpa melihat proses alur produksi kopi, alias kopi yang dibeli sudah jadi (digiling) dari pasar bebas.

Pada tulisan kali ini saya hanya membahas yang nomor tiga itu. sementara untuk nomor yang lainnya, mungkin lain waktu, akan dituliskan kembali.  Ini saya lakukan dengan pertimbangan, umumnya penikmat kopi di perkotaan adalah penikmat kopi semata, yang membeli kopi di pasaran, tanpa melihat asal usul sebuah biji kopi. Orang diperkotaan intinya, “dia beli kopi, lalu diseduh dalam gelas atau cangkir dan diseruput”

Tulisan ini berdasarkan pengalaman semata, jadi jika disana sini, mungkin akan tidak sesuai dengan kaidah ilmu per-kopi-an, mohon dimaafkan untuk para pembaca.

Untuk mendapatkan kopi yang enak, apapun merek nya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan :

1. sediakan kopi bubuk, dan juga sediakan gula pasir atau gula batu.

2. rebus air hingga mendidih secukupnya

3. sediakan gelas atau cangkir dan penutupnya

4. sediakan sendok atau alat aduk kopi.

Air yang hendak kita pergunakan untuk menyeduh kopi mesti matang betul (mendidih), dan jangan pergunakan air jika kondisinya baru mendidih. biarkan mendidih sekitar 10 detik, baru dipergunakan untuk menyeduh.

Cangkir atau gelas yang hendak kita pakai, mesti dihangatkan dulu. jangan dalam posisi dingin, lalu dipakai untuk menyeduh kopi. Jadi proses nya adalah, ketika air baru saja matang (mendidih), ciduklah air panas tersebut, dan gunakan untuk memanaskan cangkir atau gelas. Setelah dipanaskan, tumpahkan kembali airnya ke dalam panci pemanas air.

langkah selanjutnya adalah tuang kopi kedalam cangkir, masukan gula jika mau, dan seduh kopi di dalam cangkir. Ketika air mengucur dari gayung kedalam cangkir atau gelas, kopi langsung diaduk-aduk hingga gula mencair semua.

Begitu proses mengaduk dengan sendok atau alat pengaduk sudah selesai, maka pada saat yang sama kucuran air dari gayung juga selesai.  Dan, jangan menunggu lama, langsung tutup itu gelas atau cangkir kopi.

Jangan biarkan uap air kopi tersebut keluar gelas. Tutup rapat dan biarkan beberapa waktu.

Jika kita anggap sudah cukup aman untuk bibir, sudah aman dari uap air kopi yang berlebihan keluar, barulah kita buka tutup cangkir. Dan, kita seruputlah itu kopi.

Kalau tidak percaya, sekali kali bandingkan dengan seduhan kopi yang tanpa ditutup rapat cangkirnya. Aroma khas kopinya pasti sudah lenyap menguap.

Salam nikmati kopi.

Kategori:Pernak Pernik Tag:
  1. 15/02/2009 pukul 2:50 PM

    Salam knal mas nana, ane minta ampun tulisan ente ane maen kopas tanpa nyantumin sumbernya, maklum baru blajar blogging biar ga dibilang gaptek gitu, btw trims buat masukannya, Bravo Scooter’s…

  2. nanasemper
    15/02/2009 pukul 3:24 PM

    Ok mas andrey . . selamat menjelajah dunia worpress atau dunia blog. ga pa pa lah . . kita saling mengingatkan dan saling berbagi ilmu. suatu saat aku juga mungkin akan menimba ilmu dari sampeyan, kenapa ga … ? di dunia ini kan tidak ada manusia yang unggul dari manusia lainnya.
    semangat . .

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: